Selasa, 07 Juli 2020

MATERI 2: PERATURAN AKADEMIK (KURIKULUM)


A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. Peserta MPLS mengetahui peraturan pembelajaran dan penilaian di SMA Negeri 4 Kandis.

2. Peserta MPLS memahami tata cara belajar pada masa pandemi covid 19.

3. Siswa memahami aturan Kenaikan Kelas dan Kelulusan.

4. Siswa mengetahui Proghram Pengayaan dan Remedial.


B. Materi

PERATURAN AKADEMIK SMA NEGERI 4 KANDIS

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

BAB I

KETENTUAN UMUM 

Pasal 1

1.  Peraturan Akademik SMA Negeri 4 Kandis merupakan ketentuan yang mengatur segala hal terkait proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Kandis.

2.  Siswa SMA Negeri 4 Kandis adalah anggota masyarakat yang memenuhi persyaratan, terdaftar secara resmi dan sedang mengikuti proses pendidikan di SMA Negeri 4 Kandis

3.  Penilaian Harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik oleh pendidik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih

4.  Penilaian Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama setengah semester.

5.  Penilaian Akhir Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik diakhir semester.

 

BAB II

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Pasal 1

Struktur Kurikulum 

Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 4 Kandis pada tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan  struktur kurikulum 2013 revisi (berdasarkan Permendikbud  nomor : 36 tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 pada Sekolah Mengengah Atas/Madrasah Aliyah). 


Struktur Kurikulum Mata Pelajaran K13 

Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Sumber Arsip SMA Negeri 4 Kandis, 2020 

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Per Minggu

Kelompok A (Umum)

Kelas X

Kelas XI

KelasXII

1.    Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

2.    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3.    Bahasa Indonesia

4

4

4

4.    Matematika

4

4

4

5.    Sejarah Indonesia

2

2

2

6.    Bahasa Inggris

2

2

2

Kelompok B (Umum)

7.    Seni Budaya

2

2

2

8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

3

3

3

9.    Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

10.             Budaya Melayu Riau (Mulok)

2

2

2

Kelompok C (Peminatan) MIPA

 

 

 

Mata Pelajaran Peminatan Akademik

 

 

 

11.             Matematika

3

3

3

12.             Biologi

3

3

3

13.             Fisika

3

4

4

14.             Kimia

3

4

4

Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

15.             Sosiologi

3

3

3

16.             Teknologi Informasi dan Komunikasi

3

3

3

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

44

46

46

 Struktur Kurikulum Mata Pelajaran K13 Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Sumber Arsip SMA Negeri 4 Kandis, 2020 

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Per Minggu

Kelompok A (Umum)

Kelas X

Kelas XI

KelasXII

1.    Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

2.    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3.    Bahasa Indonesia

4

4

4

4.    Matematika

4

4

4

5.    Sejarah Indonesia

2

2

2

6.    Bahasa Inggris

2

2

2

Kelompok B (Umum)

7.    Seni Budaya

2

2

2

8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

3

3

3

9.    Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

10.             Budaya Melayu Riau (Mulok)

2

2

2

Kelompok C (Peminatan) IPS

 

 

 

Mata Pelajaran Peminatan Akademik

 

 

 

11.             Geografi

3

3

3

12.             Sejarah

3

3

3

13.             Sosiologi

3

4

4

14.             Ekonomi

3

4

4

Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

15.             Biologi

 

3

3

16.             Kimia

3

 

 

17.             Teknologi Informasi dan Komunikasi

3

3

3

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

44

46

46

Pasal 2

Sistem Pembelajaran

1.  Dalam pelaksanaan pembelajaran tahun pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 4 Kandis menggunakan pembelajaran dengan sistim paket.

2.  Paket pembelajaran akan ditata lebih lanjut oleh bagian kurikulum.  

Pasal 3

Kehadiran Siswa

1.  Kehadiran minimal siswa adalah 90% dari total jumlah minggu efektif. Dari jumlah hari efektif dalam satu tahun pelajaran, dengan jumlah ketidakhadiran tanpa keterangan maksimal 6 hari dan ketidakhadiran.

2.  Setiap siswa harus hadir pada seluruh kegiatan pembelajaran di kelas atau di luar kelas maupun teori atau praktik.

3.  Ketidakhadiran karena  sakit dan  dispensasi khusustidak diperhitungkan dalam ketentuan point satu.

4.  Ketentuan tentang ijin karena sakit dan dispensasi kusus diatur lebih lanjut didalam tata tertib siswa.

 

Pasal 4

Kegiatan Pengembangan Diri

1.  Kegiatan pengembangan diri direncanakan dan dilaksanakan dibawah koordinasi bagian kesiswaan.

2.  Kegiatan Pengembangan diri yang wajib diikuti oleh kelas X adalah Kegiatan Keagamaan, BP/BK, Kepramukaan.

3.  Kegiatan Pengembangan diri yang wajib diikuti oleh kelas XI adalah Kegiatan Keagamaan, BP/BK .

4.  Kegiatan Pengembangan diri yang wajib diikuti oleh kelas XII adalah Kegiatan Keagamaan dan BP/BK.

5.  Kegiatan Keagamaan dalam poin 2, 3 dan 4 untuk siswa yang beragama Islam diaplikasikan disekolah dalam bentuk kegiatan sholat dhuhur berjamaah sedangkan untuk siswa yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu kegiatan keagamaan diaplikasikan dalam bentuk penugasan oleh masing-masing guru mata pelajaran.

6.  Tingkat kehadiran siswa mengikuti kegiatan pengembangan diri minimal  90 %.

7.  Siswa yang tidak mengikuti kegiatan pengembangan diri karena sakit dengan ijin orang tua dan dilampiri surat keterangan dokter/puskesmas/poli kesehatan dan/atau melaksanakan tugas khusus dari sekolah tidak diperhitungkan dalam kehadiran dan kepada siswa terkait diberikan tugas khusus. Ketidak hadiran dengan alasan diluar ketentuan tersebut tetap akan dihitung dalam tingkat kehadiran siswa.

8.  Nilai pengembangan diri diperhitungkan dalam proses kenaikan kelas. 

 

BAB III

KETENTUAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

 

1.    Pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan/online) dari rumah masing-masing peserta didik.

2.    Pembelajaran menggunakan Smartphone android, iphone, laptop atau komputer.

3.    Pembelajaran dilaksanakan dan dipandu oleh masing-masing guru mata pelajaran.

4.    Pengambilan penilaian harian dilaksanakan oleh guru mata pelajaran secara daring.

5.    Penilaian (Ujian) Tengah Semester dan penilaian (Ujian) Semester serta Ujian Satuan Pendidikan dilaksanakan secara daring.

6.    Informasi-informasi akademik dari sekolah akan disampaikan melalui wali kelas.

7.    Kerja sama antara orang tua dan wali kelas harus lebih intensif.

8.    Permasalahan mengenai pembelajaran daring disampaikan kepada wali kelas.

 

BAB IV

KETENTUAN PENILAIAN

 

Pasal 1

Penilaian Harian 

1.  Penilaian Harian direncanakan dan dilaksanakan oleh masing-masing guru mata pelajaran.

2.  Penilaian Harian meliputi :

a.  Penilaian aspek sikap, dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan. Setiap guru mata pelajaran menyampaikan laporan hasil penilaian sikap secara tertulis kepada wali kelas terkait sebelum rapat verifikasi nilai rapor

b.  Penilaian aspek pengetahuan, dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai

c.  Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, jurnal, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai

3.  Proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara berjenjang sesuai tata urutan Kompetensi Dasar / KD dalam Silabus.

4.  Kegiatan perbaikan/remidial bagi siswa yang belum tuntas pada proses Penilaian Harian dilakukan sebelum siswa yang bersangkutan melanjutkan ke KD berikutnya

 Penjelasan mengenai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan ada DISINI

Pasal 2

Penilaian Tengah Semester 

1.  Penilaian Tengah Semester direncanakan dan dilaksanakan oleh masing-masing guru mata pelajaran setelah mencapai pertengahan semester dengan jadwal terintegrasi dengan jadwal pembelajaran.

2.  Penilaian Tengah Semester berupa tes tertulis berbentuk soal uraian/pilihan ganda dengan cakupan materi meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh kompetensi dasar / KD yang telah diajarkan pada periode tersebut.

3.  Hasil Penilaian Tengah Semester diinformasikan kepada peserta didik selambat-lambatnya satu minggu setelah pelaksanaan.

4.  Peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti kegiatan perbaikan/remidial.

5.  Kegiatan perbaikan/remidial bagi siswa yang belum tuntas pada proses Penilaian Tengah Semester dilakukan sebelum kegiatan Penilaian Akhir Semester 

 

Pasal 3

Penilaian Akhir Semester 

1.  Penilaian Akhir Semester direncanakan dalam Rencana Kerja Sekolah Bidang Kurikulum.

2.  Penilaian Akhir Semester dilaksanakan oleh Kepanitiaan Ujian Akhir Semester yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah

3.  Penilaian Akhir Semester berupa tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda dengan cakupan materi meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh kompetensi dasar / KD yang telah diajarkan pada periode tersebut.

4.  Kisi - kisi, jumlah dan bobot soal ditentukan secara bersama oleh seluruh guru anggota MGMP mata pelajaran terkait.

5.  Hasil penilaian akhir semester diinformasikan kepada peserta didik selambat-lambatnya 3 (tiga) hari setelah pelaksanaan.

6.  Daftar siswa yang dinyatakan memenuhi kriteria ketuntasan Penilaian Akhir Semester dan yang masih harus mengikuti perbaikan/remedial ditetapkan oleh masing-masing guru pengajar.

7.  Kegiatan perbaikan/remedial untuk Penilaian Akhir Semester dilakukan satu kali dan dilakukan oleh masing-masing guru pengajar. 

Pasal 4

Ujian Sekolah 

1.  Ujian sekolah dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akhir peserta didik pada mata pelajaran tertentu .

2.  Ujian Sekolah dilaksakana oleh Kepanitiaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah (UN – US) yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah.

3.  Ujian sekolah meliputi ujian tulis dan ujian praktik pada kelompok mata pelajaran tertentu.

4.  Kisi - kisi, jumlah dan bobot soal ditentukan oleh Tim Penyusun Naskah Soal Ujian Sekolah yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah.

5.  Prosedur pelaksanaan Ujian Sekolah akan diatur lebih lanjut dalam Standar Prosedur Operasional Ujian Sekolah (POS-US) yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah.

 

Pasal 5

Penilaian  Praktik Sekolah (PPS) 

1.  Penilaian Praktik Sekolah (PPS) dilaksanakan di akhir tahun pelajaran bagi kelas XII.

2.  Prosedur dan pelaksanaan PPS  mengikuti ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Pasal 6

Ujian Nasional 

1.  Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan

2.  Prosedur dan pelaksanaan ujian sekolah tulis maupun praktik mengikuti ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Pasal 7

Perhitungan Nilai Rapor 

1.  Perhitungan Nilai Rapor 

a.  Penilaian pada Kompetensi Spritual dan Sosial (KI.1 dan KI,2)

Penilaian kompetensi Spritual dan Sosial / Sikap di tuangkan dalam bentuk Diskripsi. Pendiskripsian nilai pada kompetensi social dan spiritual dilakukan oleh Wali Kelas bersama Guru BP/BK terkait berdasarkan catatan Wali Kelas, Guru BP dan masukan dari seluruh guru pengajar Guru pengajar wajib menyampaikan catatan penilaian sikap untuk kelas yang diajar kepada wali kelas terkait

b.  Penilaian pada Kompetensi Pengetahuan (KI.3).

Penilaian Kompetensi Pengetahuan dituangkan dalam bentuk angka dengan rentang antara 0 – 100, disertai dengan diskripsi dari masing-masing nilai. Penilaian Kompetensi Pengetahuan dalam bentuk angka serta pendiskripsiannya dilakukan oleh masing-masing guru terkait Nilai rapor untuk kompetensi pengetahuan (KI.3) dihitung berdasarkan: 

NRP = (70% Rata-rata NKD) + (15% NPTS) + (15 x NPAS)

Keterangan:

NRP =  Nilai Rapor Kompetensi Pengetahuan

NKD =  Nilai per Kompetensi Dasar (Nilai Harian)

NUTS =  Nilai Penilaian Tengah Semester

NUAS =  Nilai Penilaian  Akhir Semester

c.  Penilaian pada Kompetensi Ketrampilan (KI.4)

Penilaian Kompetensi Ketrampilan dituangkan dalam bentuk angka dengan rentang antara 0 – 100 disertai dengan diskripsi dari masing-masing nilai. Penilaian Kompetensi Ketrampilan dalam bentuk angka serta pendiskripsiannya dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran terkait dengan ketentuan sebagai berikut :

(a)  Nilai per KD untuk kompetensi Ketrampilan dihitung berdasarkan :

NRK - KD = N. Kinerja x bobot + N Proyek x bobot + N Portofolio x bobot

Jml. bobot

(b)  Nilai rapor untuk kompetensi Ketrampilan dihitung berdasarkan :

NRK = NRK – KD 1 + NRK – KD 2 + NRK – KD ….n

Jumlah KD

(c)  Bobot untuk nilai Kinerja, nilai projek dan nilai potofolio ditentukan oleh masing-masing guru. 

 

BAB V

KENAIKKAN KELAS DAN KELULUSAN 

Pasal 1

Ketentuan Kenaikkan Kelas 

Siswa dinyatakan naik dari kelas X ke kelas XI dan kelas XI ke kelas XII apabila :

1.  Kehadiran minimum 90 %dalam satu tahun (Alpha dan ijin maksimum kumulatif 14 kali dalam 1 tahun).

2.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.

3.  Nilai (deskripsi) sikap sekurang-kurangnya  baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan satuan pendidikan.

4.  Nilai ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan sekurang-kurangnya baik.

5.  Tidak memiliki lebih dari dua mata pelajaran yang masing-masing nilai kompetensi pengetahuan dan/atau kompetensi keterampilannya di bawah Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKBM). Apabila ada mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan belajar pada semester ganjil, nilai akhir diambil dari rerata semester ganjil dan genap pada tahun pelajaran tersebut.

 

Pasal 2

Verifikasi Nilai Rapor dan Rapat Pleno 

1.  Nilai rapor semester ganjil ditetapkan dalam kegiatan verifikasi di tingkat departemen

2.  Nilai rapor semester genap dan kenaikan kelas ditetapkan dalam kegiatan verifikasi verifikasi di tingkat sekolah dan rapat pleno kenaikan kelas.

3.  Verifikasi tingkat sekolah dikoordinasi oleh Wakasek Kurikulum dan dihadiri oleh seluruh Seluruh Guru, seluruh guru BP/BK dan seluruh Wali Kelas. Verifikasi tingkat sekolah membahas dan menetapkan daftar siswa yang akan dibawa dalam rapat pleno kenaikan kelas berdasarkan catatan siswa hasil verifikasi tingkat departemen

4.  Rapat pleno kenaikan kelas dikoordinasi oleh Wakasek Kurikulum, dipimpin oleh Kepala Sekolah serta dihadiri minimal  95 % guru pengajar di SMA Negeri 4 Kandis. Rapat pleno kenaikan kelas membahas catatan siswa hasil verifikasi ditingkat sekolah dan menetapkan siswa yang dinyatakan dapat melanjutkan / tidak dapat melanjutkan kejenjang berikutnya.

 

Pasal 3

Ketentuan Remedial dan Pengayaan 

1.        Program Remedial

Program remedial dilaksanakan sebagai berikut:

a.    Remedial wajib diikuti oleh peserta didik yang belum mencapai KKM dalam setiap kompetensi dasar dan/atau indikator.

b.    Kegiatan remedial dilaksanakan di dalam/di luar jam pembelajaran.

c.    Kegiatan remedial meliputi remedial pembelajaran dan remedial penilaian.

d.    Penilaian dalam program remedial dapat berupa tes maupun nontes.

e.    Kesempatan mengikuti kegiatan remedial.

f.     Nilai remedial dapat melampaui KKM. 

Remedial dilaksanakan dengan cara:

a.       Re-Teaching (pembahasan ulang), mengajar ulang materi pelajaran yang belum tuntas

b.      Tutoring (tutor sebaya), mengajar anak yang belum tuntas dengan melibatkan anak yang sudah tuntas

c.       Pemberian tugas, memberi tugas sesuai dengan indikator yang belum tuntas

d.      Belajar bersama, membentuk kelompok belajar bagi anak yang belum tuntas dengan melibatkan anak-anak yang sudah tuntas. 

2.        Program Pengayaan

a.         Pengayaan boleh diikuti oleh peserta didik yang telah mencapai KKM dalam setiap kompetensi dasar.

b.        Kegiatan pengayaan dilaksanakan di dalam/di luar jam pembelajaran.

c.         Penilaian dalam program pengayaan dapat berupa tes maupun nontes.

d.        Nilai pengayaan yang lebih tinggi dari nilai sebelumnya dapat digunakan. 

Pelaksanaan Pengayaan dengan cara :

a.       Membimbing siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM

b.      Memberi tugas tambahan materi-materi pengayaan/yang sulit

 

Pasal 4

Kelulusan 

1.  Kelulusan dibahas dan ditetapkan dalam rapat pleno kelulusan yang dihadiri oleh minimal  95 % guru pengajar di SMA Negeri 4 Kandis.

2.  Syarat kelulusan berdasarkan Permendikbud  No. 3 tahun 2017  tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah :

a.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

b.  Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik.

c.  Lulus Ujian Satuan Pendidikan / Program Pendidikan

d. Mengikuti ujian yang ditetapkan oleh pemerintah.

3.  Ketentuan kelulusan di SMA Negeri 4 Kandis akan diatur lebih detail dalam Prosedur Operasional Standar (POS) US/UN

 

BAB VI

TINDAK LANJUT TERHADAP KETIDAKSESUAIAN PROSES 

Pasal 1

Perbaikan Nilai  

Perbaikan dan Remedial Nilai dalam Mata Pelajaran

1.  Perbaikan nilai harian untuk setiap SK/KD dilaksanakan sebelum siswa tersebut melanjutkan ke SK/KD berikutnya.

2.  Setiap guru wajib memberikan kesempatan perbaikan dan/atau remedial bagi siswa yang membutuhkan sesuai dengan ketentuan, Apabila siswa tidak mengikuti kegiatan perbaikan dan/atau remedial maka dilakukan prosedur sebagai berikut :

  Apabila terdapat siswa memiliki nilai dibawah KKM dan tidak melaksanakan kegiatan remedial maka guru wajib melakukan konseling kepada siswa tersebut ditingkat mata pelajaran

  Apabila setelah dilakukan konseling ditingkat mata pelajaran tetap tidak ada perubahan sikap/perilaku dari siswa yang bersangkutan maka guru mata pelajaran melakukan koordinasi dengan guru BP/BK terkait untuk dilakukan konseling lanjutan di tingkat BP/BK.

  Apabila setelah dilakukan konseling di tingkat BP/BK tidak ada perubahan sikap/perilaku dari siswa yang bersangkutan maka guru mata pelajaran berkoordinasi dengan guru BP/BK untuk melakukan konseling bersama orang tua/wali murid dan apabila setelah itu tetap tidak ada perubahan sikap/perilaku siswa maka nilai siswa yang bersangkutan akan diperhitungkan dalam nilai rapor apa adanya.

  

Pasal 2

Perbaikan Nilai Pengembangan Diri 

 

1.  Perbaikan nilai pengembangan diri dilaksanakan melekat dalam proses kegiatan.

2.  Apabila ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib/BP/BK 1 kali maka  pembina ekstrakurikuler/guru BP/BK melakukan konseling dan siswa terkait membuat pernyataan “tidak akan mengulang perbuatannya”.

3.  Apabila ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstra wajib/BP/BK 2 kali maka pembina ekstra berkoordinasi dengan guru BP/BK terkait untuk dilakukan kegiatan konseling bersama orang tua/wali murid dan siswa terkait membuat pernyataan “tidak akan mengulang perbuatannya”, dan diketahui oleh orang tua/wali.

4.  Apabila ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstra wajib/BP/BK 3 kali maka pembina ekstra berkoordinasi dengan guru BP/BK terkait untuk dilakukan kegiatan konseling bersama orang tua/wali murid untuk yang ke dua dan siswa terkait membuat pernyataan “tidak akan mengulang perbuatannya dan apabila kemudian hari ternyata siswa yang bersangkutan mengulangi perbuatannya maka nilai ekstra wajib/BP/BK akan dituliskan Cukup/Kurang dan akan diperhitungkan dalam proses kenaikan kelas”, surat pernyataan tersebut ditandatangani oleh siswa yang bersangkutan dengan diketahui oleh orang tua/wali murid. 

Pasal 3

Peserta Didik yang Tidak Naik Kelas 

Peserta didik yang dinyatakan tidak naik kelas dan menyatakan diri untuk mengulang harus melaporkan kepada pihak sekolah  sesuai dengan ketentuan yang akan disampaiakan pada saat penerimaan rapor. 

BAB VII

HAK DAN KEWAJIBAN SISWA

DALAM MENGGUNAKAN FASILITAS SEKOLAH 

Pasal 1

Penggunaan Ruang Kelas 

1.  Setiap 1 rombongan belajar (kelas) berhak menggunakan 1 ruang kelas lengkap dengan fasilitas penunjang yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran teori.

2.  Ruang kelas hanya digunakan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal, diluar jadwal pembelajaran ruang kelas tidak boleh digunakan kecuali dengan ijin khusus Kepala Sekolah melalui Wakasek. Sarana dan Prasarana.

3.  Rombel yang menempati ruang kelas berkewajiban penuh untuk menjaga kebersihan dan kelangsungan pemakaian ruang kelas beserta isinya.

4.  Setiap pergantian paket belajar dilaksanakan serah terima ruang kelas oleh masing-masing ketua kelas dengan diketahui wali kelas.

 

Pasal 2

Penggunaan Laboratorium 

1.  Setiap siswa berhak melakukan kegiatan praktik di bengkel dan Laboratorium sesuai dengan ketentuan jadwal.

2.  Siswa melakukan praktik di laboratorium di bawah pengawasan guru mata pelajaran terkait

3.  Dalam melakukan praktikum siswa harus mengikuti tata tertib yang berlaku.

 

Pasal 3

Penggunaan Perpustakaan 

1.  Setiap siswa SMA Negeri 4 Kandis adalah anggota perpustakaan  SMA Negeri 4 Kandis.

2.  Proses pembelajaran di ruang perpustakaan harus dibawah pengawasan guru pengajar.

3.  Setiap siswa berhak menggunakan fasilitas perpustakaan dengan mematuhi ketentuan yang berlaku.

 

Pasal 4

Penggunaan Fasilitas Umum Lain

1.  Setiap siswa berhak untuk menggunakan fasilitas umum yang ada di sekolah untuk kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah

2.  Setiap siswa berkewajiban untuk ikut serta menjaga kebersihan dan kelangsungan pemakaian fasilitas umum yang ada di sekolah.

 

BAB VIII

HAK SISWA MENDAPAT LAYANAN KONSELING

 

Pasal 1

Konsultasi dengan Guru Mata Pelajaran

 

1.  Setiap siswa berhak mendapat layanan konsultasi dengan guru mata pelajaran.

2.  Layanan konsultasi dengan guru mata pelajaran dilakukan pada waktu yang ditentukan secara bersama antara siswa dan guru.

3.  Layanan konsultasi dengan guru mata pelajaran terkait dengan mata pelajaran dalam hal kesulitan mengikuti, kesulitan melaksanakan tugas atau lainnya.

 

Pasal 2

Konsultasi dengan Wali Kelas

 

1. Setiap siswa berhak mendapat pelayanan konsultasi dengan wali kelas.

2. Layanan konsultasi dengan wali kelas dilakukan pada waktu yamg ditentukan secara bersama antara siswa dan wali kelas.

3. Layanan konsultasi dengan wali kelas terkait dengan berbagai masalah siswa di kelas siswa yang bersangkutan.

Pasal 3

Konsultasi dengan Konselor

 

1.      Setiap siswa wajib mendapat pelayanan konsultasi dengan konselor BK

2.      Layanan konsultasi denagn konselor dapat dilakukan pada jam dinas.

3.      Layanan konsultasi dengan konselor terkait dengan masalah siswa di kelas, di sekolah, maupun masalah pergaulan siswa yang bersangkutan

4.      Setiap siswa berhak mendapat layanan pembinaan prestasi dari konselor.

 

BAB IX

KETENTUAN PEMBERIAN DAN SANGSI  

1.             Ketentuan Pemberian Penghargaan

a.              Setiap siswa yang berprestasi di bidang akademik maupoun non akademik  berhak mendapat penghargaan.

b.             Penghargaan kepada siswa berprestasi berdasarkan ketentuan yang berlaku.                                                                                            

2.             Ketentuan Pemberian Sanksi

c.              Setiap siswa yang melanggar peraturan sekolah, peraturan akademik, dan peraturan pemanfaatan fasilitas sekolah akan dikenakan sanksi

d.             Sanksi diberikan kepada siswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku di SMA Negeri 4 Kandis.

 

BAB X

PENUTUP 

Pasal 1 

Keputusan ini disampaikan  kepada pihak-pihak yang terkait untuk dipedomani dan dilaksanakan. 

Pasal 2 

Hal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan ditentukan kemudian.

 


TTD

Kepala Sekolah 


C. LEMBAR KERJA

Jawablah pertanyaan berikut di buku tulis khusus MPLS mu!

1.  Permendikbud berapakah yang menjadi pedoman Kurikulum 2013 yang  dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kandis?

2. Sebutkan 3 (tiga) aspek yang menjadi penilaian harian di SMA Negeri 4 Kandis!

3. Sebutkan syarat kenaikan kelas dan kelulusan di SMA Negeri 4 Kandis!

4. Berapakah jumlah mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 4 Kandis?

5. Sebutkan mata pelajaran peminatan Akademik MIPA, dan mata Pelajaran peminatan Akademik IPS!

6. Bagaimanakah strategi pembelajaran pada masa pandemi covid 19?


****SELAMAT MENGERJAKAN****


Daftar Link Materi MPLS TP 2020/2021:

Pengumuman masuk awal tahun pelajaran 2020/2021

No.

JUDUL MATERI

SILAHKAN KE LINK BERIKUT

1.

Informasi MPLS Pendahuluan

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/masa-pengenalan-lingkungan-sekolah.html

2.

Materi 1: Pengenalan Tata Krama di Lingkungan Sekolah

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-1-tata-krama-siswa-di-lingkungan.html

3.

Materi 2: Peraturan Akademik (Kurikulum)

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-2-peraturan-akademik-kurikulum.htm

l

4.

Materi 3: Penerapan Peraturan Sekolah

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-3-penerapan-peraturan-sekolah.html

5.

Materi 4: Organisasi Sekolah dan Ekstrakurikuler

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-4-organisasi-sekolah-dan.html

6.

Materi 5: Sejarah Sekolah

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-5-sejarah-sekolah.html

7.

Materi 6: Visi, Misi, dan Tujuan SMA Negeri 4 Kandis

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-6-visi-misi-dan-tujuan-sma.html

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI AWAL SEKOLAH TAHUN AJARAN 2020/2021 SMA NEGERI 4 KANDIS

PENGUMUMAN    Assalamualaikum wr wb. Yth. Orang Tua/Wali Murid dan Anak-anak kami peserta didik SMA Negeri 4 Kandis Kelas X, XI dan XII    ...