Selasa, 07 Juli 2020

MATERI 4: ORGANISASI SEKOLAH DAN EKSTRAKURIKULER

ORGANISASI DAN EKSTRAKURIKULER

DI SMA NEGERI 4 KANDIS

1.      Organisasi

1.1              Definisi Organisasi

a.       Adanya sekelompok orang yang saling bekerjasama.

b.      Adanya tujuan yang sama .

c.       Adanya bentuk/struktur.

d.      Adanya aktivitas.

1.2              Prinsip organisasi

Suatu organisasi bisa dikatakan solid jika memiliki sifat sbb.

a.       mempunyai tujuan yang jelas .

b.      tujuan organisasi harus di terima dan di fahami oleh setiap orang di dalam organisasi.

c.       memiliki kesatuan arah.

d.      adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggungjawab.

e.       berkesinambungan .

f.       penempatan orang harus sesuai ahlinya.

g.      adanya pembagian Tugas.

1.3              Organisasi Yang Ada Di SMA Negeri 4 Kandis

A.    OSIS

OSIS (Organisasi Intra Sekolah) Secara sistematis di dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1993  disebutkan  bahwa  organisasi  kesiswaan  di  sekolah  adalah  OSIS. Kepanjangan OSIS terdiri dari, organisasi, siswa, intra, sekolah. Masing-masing mempunyai pengertian

a)      Organisasi secara  umum  adalah  kelompok  kerjasama  antara  pribadi  yang  diadakan  untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.

b)      Siswa adalah peserta didik pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.

c)      Intra berarti terletak didalam dan di antara. Sehingga OSIS berarti suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.

d)     Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.

Peranan OSIS

1)      Sebagai wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di Sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan. 

2)      Sebagai Penggerak / Motivator. OSIS adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan, semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan. 

3)      Peranan yang bersifat preventif. OSIS mampu mengadaptasi dengan lingkungan, seperti : menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara preventif OSIS berhasil ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Peranan Preventif OSIS akan terwujud apabila peranan OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

B.     Organisasi Kelas

                 Organisasi Kelas merupakan organisasi terkecil yang terdapat di sebuah sekolah. dalam sebuah organisasi harus memiliki struktur yang pasti supaya tugas-tugas yang menjadi ruang lingkup kelas tersebut bisa dengan jelas dibagi-bagi. struktur dan tugas organisasi kelas yang seringkali diterapkan di sekolah-sekolah adalah sebagai berikut :

1.      Ketua Kelas

Ketua kelas adalah sesorang yang menjadi pemimpin dan memiliki kedudukan paling atas pada struktur organisasi kelas yang dibuat. Hal ini berarti, teratas untuk para murid. Secara umum, kedudukan yang berada di atas Ketua kelas adalah Wali Kelas, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah. Namun kita hanya akan berfokus di dalam kelas saja. Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) ketua kelas adalah sebagai berikut :

·         Menjadi seorang leader / pemimpin yang membawahi divisi / seksie lain sekaligus menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap kelasnya.

·         Memberikan suatu arahan atau perintah kepada anggota organisasi kelas

·         Memimpin musyawarah atau diskusi dan menetapkan hasil / keputusan dari musyawarah itu sendiri

·         Mengevaluasi kinerja bawahan

·         Sebagai penghubung antara siswa yang dipimpinnya dengan wali kelas

Kriteria Ketua Kelas yang Baik adalah sebagai berikut :

·         Mudah bergaul dengan teman-teman dan asik ketika diajak bicara

·         Tegas, dan memiliki jiwa kepemimpinan

·         Dapat berkomunikasi dengan baik

·         Punya kedekatan dengan guru atau wali kelas

2.      Wakil Ketua

Wakil ketua kelas akan mendampingi ketua kelas dalam melaksanakan semua kerjanya, berperan sebagai teman diskusi pertama sebelum suatu tugas atau permasalah yang dilemparkan pada forum di musyawarah. Tugas Pokok dan Fungsi Wakil Ketua Kelas adalah sebagai berikut : 

·         Memiliki tugas sepenuhnya kepada ketua kelas / ketua murid

·         Selalu mendampingi ketua kelas dan menjadi teman diskusi pertama sebelum “hal’ dilemparkan pada forum dan teman diskusi terakhir sebelum akan mengambil keputusan

·         Menggantikan ketua kelas jika berhalangan atau menjadi cadangan

·         Memberikan saran atau masukan pada ketua kelas untuk dapat menambah sudut pandang dalam pengambilan keputusan

Kriteria Wakil Ketua Kelas yang Baik, yaitu :

·         Memiliki jiwa kepemimpinan namun juga sikap rendah hati

·         Memiliki pandangan yang luas

·         Cakap dalam berkomunikasi

·         Punya kedekatan dengan wali kelas atau guru

3.      Sekretaris

Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris

·         Mencatat hasil musyawarah untuk dijadikan sebagai arsip kelas

·         Selalu mendampingi ketua kelas pada setiap musyawarah

·         Memberikan saran kepada ketua kelas dalam mengambil sebuah keputusan

·         Bersama dengan ketua kelas menanda tangani berkas-berkas yang beratas namakan organisasi kelas

·         Tanggung jawab sepenuhnya atas administrasi kelas seperti data murid, absensi, dan lainnya

Kriteria Sekretaris yang Baik :

·         Suka tulis menulis

·         Tekun

·         Bertanggung jawab

·         Teratur dan disiplin

4.      Bendahara

Tugas Pokok Dan Fungsi Bendahara

·         Bertanggung jawab terhadap keuangan dalam pengumpulan uang KAS dan penggunaannya untuk kegiatan kelas

·         Bertanggung jawab dengan memberikan laporan keuangan pada saat sidang akhir jabatan

·         Mempertimbangkan dan memperhatikan arus KAS untuk biaya-biaya keperluan kelas

·         Membuat kwitansi sebagai tanda bukti uang masuk – keluar dari dan untuk kelas

Kriteria Bendahara Yang Baik

·         Jujur dan amanah

·         Bertanggung jawab

·         Orang yang teliti dan cermat

·         Tidak pusing ketika melihat angka

·         Memiliki kemampuan lebih dalam hal keuangan sebagai pemberi dana talang 

5.      Seksi Pendidikan

Secara rinci dan sederhana, inilah tugas divisi pendidikan.

Tugas Pokok Dan Fungsi Divisi / Seksie Pendidikan

·      Membuat jadwal pelajaran di mading kelas

·      Menjemput guru di ruang guru bila telat memberikan pelajaran

·      Melobi guru bila ada murid yang nilainya di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk diadakan remidi

·      Mengadakan kerja kelompok / belajar bersama di luar jadwal sekolah untuk membuat kelasnya mempunyai kesetaraan dalam hal penyerapan ilmu dari guru.

Kriteria Pendidikan Yang Divisi / Seksie Baik

·         Punya kedekatan dengan guru-guru

·         Cakap dalam berkomunikasi

·         Berpenampilan rapi

·         Disiplin dan diusahakan pintar

6.      Seksi Kebersihan

Tugas Pokok Dan Fungsi Divisi / Seksie Kebersihan

·      Membuat jadwal piket kelas

·      Memantau / mengawasi petugas piket

·      Bertanggung jawab sebagai finishing bila yang dikerjakan petugas piket kurang bersih

·      Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kenyamanan kelas

Kriteria Divisi / Seksie Kebersihan Yang Baik

·         Peduli terhadap kebersihan

·         Tidak segan mengingatkan

·         Bertanggung jawab

·         Tidak takut kotor

·         Displin

7.      Seksi Keamanan

Tugas Pokok Dan Fungsi Divisi / Seksie Keamanan

·         Membuat sistem hukuman khusus di dalam kelas untuk mendisiplinkan murid yang tidak mengikuti aturan sekolah

·         Memastikan semua murid sudah ada di kelas pada saat pelajaran dimulai

·         Memantau murid yang keluar masuk kelas karena izin

Kriteria Divisi / Seksie Keamanan Yang Baik

·         Tegas

·         Disiplin

·         Berani mengingatkan

·         Disegani oleh anggota / murid 

8.      Seksi Kerohanian

Tugas Pokok Dan Fungsi Seksie Kerohanian

·      Mengajak anggota kelas / murid untuk melakukan shalat tepat waktu di masjid sekolah (bila jam belajar lebih dari tengah hari / dzuhur)

·      Mengajak anggota kelas / murid untuk membiasakan shalat dhuha

·      Memimpin doa belajar sebelum menerima pelajaran dari guru

·      Mengadakan doa bersama minimal seminggu sekali pada hari jum’at untuk kesuksesan bersama

Kriteria Divisi / Seksie Kerohanian Yang Baik

·         Lebih memahami tentang agama dibandingkan murid lainnya

·         Berakhlak baik (sopan, baik ucapan dan kelakuannya)

·         Murah senyum

9.      Divisi / Seksie Logistik, Dekorasi, Dan Kreatif

Tugas Pokok Dan Fungsi Seksie Logistik, Dekorasi, Dan Kreatif

·      Mendesain ruangan kelas (poster-poster dinding, hiasan dinding kelas, dll)

·      Membantu dan merinci kebutuhan perlengkapan kelas

·      Membuat desain seragam kelas

·      Mengadakan kegiatan-kegiatan kelas

Kriteria Divisi / Seksie Logistik, Dekorasi, Dan Kreatif Yang Baik

·         Kreatif dan banyak ide

1.4              Manfaat Berorganisasi

1)      Menumbuhkan rasa kebersamaan

2)      Memperkuat tali persaudaraan

3)      Menebarkan rasa tolong-menolong

4)      Memperkaya informasi 

5)      Meningkatkan kualitas pribadi

6)      Membangkitkan semangat juang

7)      Mengurangi Sifat Egois

8)      Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

9)      Belajar berbicara di depan umum

10)  Belajar manajemen organisasi 

2.      EKSTRAKURIKULER

2.1              Pengertian Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah salah satu kegiatan atau aktivitas tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah itu dengan tujuan untuk bisa mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan serta wawasan dan juga membantu di dalam membentuk karakter peserta didik itu sesuai dengan minat serta bakat tiap-tiap individu.

2.2              Manfaat Ekstrakurikuler

1)      Wadah Mengembangkan Bakat

2)      Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab

3)      Belajar Bekerja Sama

4)      Belajar Bersosialisasi dan Memperbanyak Teman

5)      Belajar Manajemen Waktu yang Baik

6)      Sebagai Sarana Refreshing yang Mendidik

7)      Pembentukan Karakter

8)      Persiapan Masuk Kuliah 

2.3              Jenis-Jenis Ekstrakurikuler Yang Ada Di SMA Negeri 4 Kandis

a)                 Ekstrakurikuler wajib :

Ekstrakurikuler wajib merupakan program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, terkecuali bagi peserta didik dengan kondisi   tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

1)      Pramuka

Ekstrakurikuler wajib bagi Kurikulum SMA Negeri 4 Kandis adalah Pramuka dan dilaksanakan dengan 2 sistem Yakni:

Sistem Blok

Bentuk kegiatan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan pada awal peserta didik masuk di SMA Negeri 4 Kandis Kabupaten Siak. Alokasi waktu yang digunakan adalah 36 jam pelajaran.

Sistem Aktualisasi

Bentuk kegiatan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan pada dengan mengaktualisasi KD mata pelajaran yang relevan dengan metode dan prinsip dasar kepramukaan.

Pembina Ekstarkurikuler Pramuka:

·         Suwandi, Ama

·         Yuniva Elwijaya, S.Pd

b)        Ekstrakurikuler Pilihan:

Ekstrakurikuler pilihan merupakan program ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya  masing-masing yang terdiri dari:

 

1)      Olahraga

kegiatan ekstrakurikuler olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberi wadah bagi siswa dalam menyalurkan potensi, minat, dan bakatnya dalam bidang olahraga. Adapun ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 4 Kandis yaitu:

a)     Atletik

Pembina         : Sutiyo, S.Pd

b)    Volly Ball

Pembina         : Riki Safrianto, S.Pd

c)     Futsal

Pembina         : Sandro Yanuar, Amd 

2)      Seni

Kegiatan ekstrakurikuler kesenian merupakan salah satu wahana untuk mengembangkan kreatifitas siswa dan untuk menyalurkan bakat serta potensi seni yang dimiliki oleh siswa – siswi. Adapun ekstrakurikuler seni di SMA Negeri 4 Kandis yaitu:

a)      Tari

Pembina         : Serly Restu Fauziah, S.Pd

b)    Rebana

Pembina         : Kusna Nurjanah, SE

3)      Ekskul Lainya

a)     PASUS

Ekskul Pasus (pasukan khusus) merupakan sebuah wadah siswa/i SMA Negeri 4 Kandis yang berminat mempelajari PBB (Peraturan Baris Berbaris). Event besar untuk ekskul pasus adalah menjadi pasukan pengibar bendara setiap upacara perayaan 17 agustus, sumpah pemuda dan upacara lainnya. Pasus juga berkesempatan untuk mengikuti lomba di luar Sekolah.

Pembina PASUS: Sutiyo, S.Pd

b)    ROHIS

Ekskul Rohis yaitu suatu pelayanan rohani siswa. Rohis dibentuk agar siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan duniawi tetapi juga pendidikan agama sebagai bekal mereka dalam berkehidupan yang sesuai dengan syariat.

Pembina ROHIS

·         Riki Safrianto, S.Pd (rohis islam)

·         Rustiana, S.Pdk (rohis kristen)

c)     PMR

Ekskul ini melatih siswa untuk tanggap dalam mengobati orang yang sedang sakit. Siswa dapat belajar bagaimana caranya merawat/mengobati pasien dengan benar. Para siswa yang tergabung dalam ekskul ini harus bersiaga pada saat upacara berlangsung karena dikhawatirkan ada peserta upacara yang sakit di tengah jalannya upacara.

Pembina PMR           : Desi Purnama Sari, S.Pd

               Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan prinsip: (1) partisipasi aktif peserta didik, dan (2) menyenangkan, karena itu dilaksanakan dalam suasana yang menggembirakan. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara individual/perorangan dan berkelompok; yakni peserta didik dalam satu kelas (klasikal), dalam kelas paralel, dan antar kelas.

        

  LEMBAR KERJA

1.        1. Jelaskan apa itu organisasi?

2.     2.  Jelaskan mengapa didalam berorganisasi harus lebih mengutamakan kebersamaan?

3.        3. Berikanlah alasan mu! (jawaban sesuai pilihan)

·         Mengapa kamu ingin masuk ke dalam organisasi OSIS?

·         Mengapa kamu tidak ingin masuk ke dalam organisasi OSIS?

4.         4. Berikanlah alasanmu, mengapa mengikuti ekstrakurikuler itu penting!

5. Sesuai dengan jenis-jenis ekstrakurikuler di atas manakah yang akan kamu pilih menjadi ekskul pilihanmu (kecuali ekskul wajib)!, berikan alasannya mengapa kamu memilihnya.

 

 ***SELAMAT BEKERJA***


Daftar Link Materi MPLS TP 2020/2021:

Pengumuman masuk awal tahun pelajaran 2020/2021

No.

JUDUL MATERI

SILAHKAN KE LINK BERIKUT

1.

Informasi MPLS Pendahuluan

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/masa-pengenalan-lingkungan-sekolah.html

2.

Materi 1: Pengenalan Tata Krama di Lingkungan Sekolah

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-1-tata-krama-siswa-di-lingkungan.html

3.

Materi 2: Peraturan Akademik (Kurikulum)

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-2-peraturan-akademik-kurikulum.htm

l

4.

Materi 3: Penerapan Peraturan Sekolah

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-3-penerapan-peraturan-sekolah.html

5.

Materi 4: Organisasi Sekolah dan Ekstrakurikuler

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-4-organisasi-sekolah-dan.html

6.

Materi 5: Sejarah Sekolah

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-5-sejarah-sekolah.html

7.

Materi 6: Visi, Misi, dan Tujuan SMA Negeri 4 Kandis

http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-6-visi-misi-dan-tujuan-sma.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI AWAL SEKOLAH TAHUN AJARAN 2020/2021 SMA NEGERI 4 KANDIS

PENGUMUMAN    Assalamualaikum wr wb. Yth. Orang Tua/Wali Murid dan Anak-anak kami peserta didik SMA Negeri 4 Kandis Kelas X, XI dan XII    ...