PENGERTIAN:
VISI SEKOLAH : serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah sekolah, perusahaan atau instansi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah sekolah. Visi juga adalah pikiran-pikiran yang ada di dalam benak para pendiri, kepala sekolah dan guru, komite sekolah dan masyarakat di lingkungan sekolah. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.
Selain itu, visi juga adalah Pandangan mengenai arah sebuah manajemen sekolah. Mau dibawa ke arah mana manajemen tersebut? Agar bisa membangun kesuksesan, maka perlu ada arah jelas mengenai berjalannya sebuah sekolah.
MISI SEKOLAH :
- Misi adalah penjabaran-penjabaran dari sebuah visi sekolah.
- Misi adalah langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus dilalui sebuah sekolah, untuk mencapai visi.
- Misi adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk merangsang adanya pencapaian visi utama.
- Jika visi hanya dituliskan dalam satu kalimat saja, maka misi akan dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya.
TUJUAN PENDIDIKAN : Tujuan merupakan penjabaran dari visi dan misi dan juga merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh sekolah. Tujuan usaha berupa target yang bersifat kuantitatif dan merupakan pencapaian ukuran keberhasilan kinerja perusahaan.
Profil sekolah yang diinginkan di masa
datang, tertuang melalui tujuan yang ingin dicapai oleh SMA Negeri 4
Kandis Kabupaten Siak, dengan rumusan
visi sekolah sebagai berikut :
“Menyiapkan Peserta Didik Yang Berprestasi dan
Berkarakter Anti Korupsi Berdasarkan Iman dan Taqwa, Berwawasan Lingkungan,
Sehat Jasmani dan Berbudaya Melayu”
Indikator
Visi Sekolah :
1.
Terbentuk
sikap dan perilaku yang baik antar warga sekolah
2.
Terlaksananya
interaksi social antar warga sekolah dan masyarakat sekitar
3.
Terlaksananya
pengembangan Standar Isi/Kurikulum
4.
Terpenuhinya
standar pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kualitas sesuai Standar
Nasional Pendidikan (SNP)
5.
Terlaksananya
standar proses pembelajaran secara optimal dan professional
6.
Tersedianya
fasilitas pendidikan yang memadai sesuai standar pelayanan minimal (SPM)
7.
Menciptakan generasi muda yang
mampu bersaing dalam bidang akademik maupun non akademik.
B. MISI
SEKOLAH
Untuk mewujudkan visi, SMA Negeri 4 Kandis Kabupaten Siak merumuskan beberapa misi sekolah sebagai
berikut :
1.
Menumbuhkan keimanan dan
ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengusung nilai-nilai kareakter bangsa
dengan sembilan nilai terkait dengan pendidikan anti korupsi
2.
Mengintensifkan kegiatan
keagamaan, membaca Al-Quran, Dzikir Asmaul Husna, Berdoa sebelum melakukan
aktifitas
3.
Meningkatkan sikap jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas dan kewajiban sehingga
meraih prestasi
4.
Meumbuhkan sikap
mememlihara lingkungan dan mencegah pencemaran lingkungan hidup
5.
Membudayakan hidup bersih,
sehat, cinta lingkungan sekolah dan masyarakat
6.
Menciptakan peserta didik
yang berbudaya melayu
7.
Melengkapi sarana dan
prasarana sekolah
8.
Mengintensifkan kegiatan
IMTAQ setiap Jumat pagi
C. TUJUAN
PENDIDIKAN NASIONAL JENJANG MENENGAH
Tujuan pendidikan menengah adalah meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. "Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab."
D.
TUJUAN PENDIDIKAN SMA NEGERI 4 KANDIS
Tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di
SMA Negeri 4 Kandis adalah:
1.
Meningkatkan Iman dan
Taqwa seluruh warga sekolah;
2.
Menyusun dan mengembangkan
RPP kelas X, XI, dan XII untuk semua mata pelajaran;
3.
Mengembangkan
profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan;
4.
Mengembangkan strategi
pembelajaran;
5.
Mengembangkan bahan dan
sumber pelajaran;
6.
Mengembangkan strategi
penilaian;
7.
Mengembangkan pola
pembelajaran;
8.
Mengembangkan media
pembelajaran;
9.
Menerapkan implementasi
model evaluasi pembelajaran;
10.
Mengembangkan instrumen
atau perangkat-perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi;
11.
Menerapkan model-model
pembelajaran bagi siswa berprestasi, bermasalah, dan kelompok siswa lainnya;
12.
Mengembangkan sarana dan
prasarana pendidikan;
13.
Menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif;
14.
Mengembangkan standar
pencapaian ketuntasan belajar;
15.
Meningkatkan KKM secara
optimal;
16.
Meningkatkan prestasi
siswa dalam bidang akademik dan non akdemik;
17.
Mengembangkan perangkat administrasi sekolah;
18.
Melaksanakan supervisi dan
monitoring oleh kepala sekolah;
19.
Mengembangkan sekolah menuju tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM);
20.
Menggalang partisipasi
masyarakat;
21.
Mengembangkan jaringan
informasi akademik di internal sekolah;
22.
Memberdayakan potensi sekolah dan lingkungan;
23.
Melaksanakan jaringan
kerja secara vertikal dan horizontal;
24.
Mengembangkan jalinan kerja dengan penyandang dana;
25.
Menciptakan usaha-usaha di
lingkungan sekolah dan sekitarnya.
E.
RENCANA STRATEGIS SEKOLAH
Rencana strategis sekolah yang diharapkan oleh SMA Negeri
4 Kandis adalah sebagai berikut:
1.
Nilai Ujian Sekolah (US) mencapai rata-rata lebih dari 77,00
2.
Nilai KKM semua mata pelajaran mencapai rata-rata 75,00
3.
80% lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi
4.
100%
siswa santun berbahasa dalam pergaulan
5.
30%
siswa bisa berbahasa inggris
6.
100%
siswa menguasai komputer dan menggunakan internet
7.
100%
siswa mentaati peraturan sekolah
8.
100%
siswa menerapkan pola hidup bersih
9.
100%
siswa memiliki wawasan lingkungan yang baik
10. PBM 100 % terlaksana
sesuai kalender pendidikan.
11. Penilaian harian, penilaian akhir semester, penilaian akhir sekolah,
terlaksana 100 % sesuai kalender pendidikan.
12. KKM tersusun dan
tersosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa.
13. Laporan hasil belajar dan
pembagian rapor terlaksana sesuai ketentuan.
14. Dokumen prestasi akademik terdokumentasikan 100
% dengan tertib.
15. Pengembangan silabus oleh
guru terlaksana 100 %.
16. Kinerja Guru dalam
Penyusunan Administrasi KBM dan perangkat Kurikulum K13 100 % baik.
17. Sikap positif guru untuk memajukan sekolah dan
prestasi sekolah baik akademis maupun non-akademis 100 % baik.
18. Minat memanfaatkan
laboratorium sebagai sumber belajar 100% baik.
19. Pemanfaatan perpustakaan
sekolah sebagai media dan sumber belajar mencapai 100%.
20. Pembangunan masjid
sekolah dapat terlaksana dan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran mencapai 100%.
21. Mengembangkan mekanisme,
prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh pendidik secara
berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam
bentuk penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan penilaian kenaikan kelas.
22. Mengembangkan mekanisme,
prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata
pelajaran.
F.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA
Standar
Kompetensi Lulusan adalah
kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan
yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan
keterampilan.Standar Kompetensi Lulusan
digunakan sebagai acuan
utama pengembangan Standar Nasional Pendidikan.
Lulusan SMA Negeri 4 Kandis, Kabupaten Siak diharapkan memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan Permendikbud nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, sebagai berikut:
Sekolah Menengah Atas |
|
Dimensi |
Kualifikasi
Kemampuan |
Sikap |
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap: 1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2. berkarakter, jujur, dan peduli, 3. bertanggungjawab, 4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5. sehat jasmani dan rohani sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
Pengetahuan |
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: 1. ilmu pengetahuan, 2. teknologi, 3. seni, 4. budaya, dan 5. humaniora. Mampu
mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan
internasional. Penjelasan Faktual Pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan kompleks
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan internasional. Penjelasan Konseptual Terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip,
generalisasi, teori,model, dan struktur yang digunakan terkait dengan
pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. Metakognitif Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri
dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis, detail, spesifik,
kompleks, kontekstual dan kondisional berkenaan denganilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. |
Keterampilan |
Memiliki
keterampilan berpikir dan bertindak: 1. kreatif, 2. produktif, 3. kritis, 4. mandiri, 5. kolaboratif, dan 6. komunikatif melalui
pendekatan ilmiah sebagai
pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dansumber lain secara mandiri |
Daftar Link Materi MPLS TP 2020/2021:
Pengumuman masuk awal tahun pelajaran 2020/2021
No. | JUDUL MATERI | SILAHKAN KE LINK BERIKUT |
1. | Informasi MPLS Pendahuluan | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/masa-pengenalan-lingkungan-sekolah.html |
2. | Materi 1: Pengenalan Tata Krama di Lingkungan Sekolah | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-1-tata-krama-siswa-di-lingkungan.html |
3. | Materi 2: Peraturan Akademik (Kurikulum) | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-2-peraturan-akademik-kurikulum.htm |
4. | Materi 3: Penerapan Peraturan Sekolah | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-3-penerapan-peraturan-sekolah.html |
5. | Materi 4: Organisasi Sekolah dan Ekstrakurikuler | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-4-organisasi-sekolah-dan.html |
6. | Materi 5: Sejarah Sekolah | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-5-sejarah-sekolah.html |
7. | Materi 6: Visi, Misi, dan Tujuan SMA Negeri 4 Kandis | http://sman4kandis.blogspot.com/2020/07/materi-6-visi-misi-dan-tujuan-sma.html |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar